Wicak ©_2013: 10 Top Anti Virus Populer
Home » » 10 Top Anti Virus Populer

10 Top Anti Virus Populer

Berikut tersaji Anti Virus Yang lagi ngeTop versi Google Searching :

AVG Antivirus [www.avg.com]
AVG dibuat oleh perusahaan bernama Grisoft yang mempunyai markas di Cekoslowka. Nama AVG berasal dari produk Grisoft yang bernama Anti Virus Guard yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1995 [Ooowwwh, saya kira, AntiVir ini adalah seorang pendatang baru ^_^v]. AVG kemudian berkembang dan melebarkan sayapnya dengan memasarkan produknya ke Jerman, Inggris, dan Amerika.

Pada tahun 2006 AVG menyertakan anti-spyware kedalam produknya dengan mengakuisisi teknologi dari Ewido Networks. Pada tahun yang sama pula [2006], Mikocok Microsoft mengumumkan dukungan komponen terhadap AVG pada sistem operasi Windows Vista. Untuk melengkapi produknya, AVG kembali mengakuisisi perusahaan Exploit Prevention Labs (XPL0 dan Sana Security, kemudian memasukkan teknologi yang digunakannya kedalam produk AVG.

Berdasarkan klaim dari AVG, terdapat lebih dari 80 juta pengguna AVG di seluruh dunia [Source : Wikipedia]. Perusahaan ini terkenal karena menyediakan versi gratis [Ini gua banget, hahaha] dari program AntiVirusnya yang akan menampilkan iklan sebagai kompensasinya, fair lah, toh gratis ini, hehehe. 


Norton Antivirus [www.symantec.com]
Inilah produk AntiVirus yang merajai pangsa pasar bisnis AntiVirus. Diperkirakan [masih diperkirakan lho, hehehe] produk Norton menguasai 61% pangsa pasar dan juga tercatat sebagai produk AntiVirus yang paling banyak dipergunakan sampai saat ini.
Norton Antivirusmerupakan yang pertamakalinya dibuat oleh Peter Norton yang sangat terkenal sejak zaman DOS dengan berbagai Utility yang dibuatnya. Produk Norton dulunya selalu menggunakan gambar merk dagang sang pembuat, Peter Norton yang sedang melipat tangannya, namun saat ini sudah tidak digunakan lagi, kenapa? Saya juga gak tau brow, hehe.
Seperti juga dengan program-program Antivirus lainnya, produk Norton juga menggabungkan berbagai proteksi kedalam produknya seperti Anti-Spyware, firewall, dll. Pada versi 2010 yang dikeluarkan pada bulan september 2009, NAV kembali meningkatkan engine pendeteksiannya yang dinamakan sebagai SONAR 2 yang digunakan untuk menganalisa virus. Selain itu, juga diperkenalkan feature yang dinamakan sebagai Autospy yang membantu user [pengguna] mengetahui apa yang dilakukan oleh NAV ketika malware ditemukan.

McAfee [www.mcafee.com]
Perusahaan yang didirikan oleh John McAfee ini didirikan pada tahun 1987 [Wow… Berarti saya belum lahir dong, halah]. McAfee sempat bergabung dengan Network General dan menggunakan nama Network Associates, namun kemudian berganti kembali namanya menjadi McAfee [Balik nama kali ya istilahnya? Hehe]. Oh ya, perusahaan ini juga sempat menjual anak perusahaannya yang bernama Sniffer Technologies dan Trustes Information System.

Selain penjualan [atau menjual] perusahaan, McAfee juga tercatat aktif melakukan pembelian perusahaan seperti Calgary, Dr Solomon’s Group [Perusahaan Antivirus dengan nilai akuisisi sebesar $642 Juta, manstab!], IntruVert Network [Perusahaan keamanan dengan nilai akuisisi sebesar $100 Juta, gila], SiteAdvisor [$10 Juta] dan rencana akuisisi Secure Computing yang akan membuat perusahaan ini bersaing dengan Symantec.

BitDefender [www.bitdefender.com]
BitDefender adalah Antivirus yang dibuat oleh perusahaan Rumania bernama Softwin. Pertama kali, software ini diluncurkan pada tahun 2001 dan terus dikembangkan sampai saat ini [2010]. Bitdefender menawarkan produk yang cukup lengkap dengan mengikutsertakan anti-spyware, firewall, privacy control dan bahkan ada gasilitas backup-nya, hebat!

Selain produk yang cukup lengkap, bitdefender juga menawarkan program Antivirus untuk berbagai platform, seperti Windows, Mac OS X, Linux, FreeBSD, termasuk juga sistem operasi untuk handphone yang terkenal, yaitu Symbian dan Windows Mobile.

Menariknya lagi, Bitdefender juga menawarkan Antivirus dan Antispyware gratis melalui situs mereka di www.bitdefender.com. Dengan mengunjungi situs mereka, anda bisa melakukan Scanning komputer anda tanpa harus menginstall Antivirus yang mereka produksi, yaitu Bitdefender Antivirus.

Walaupun menawarkan Scan secara gratis, layanan ini tidak bisa digunakan sebagai program Antivirus didalam komputer anda, alias without Antivirus, dan scanning gratis melalui website mereka-pun tidak menawarkan perlindungan setiap saat [real time].

Bitdefender menggunakan teknologi yang mereka namakan sebagai B-HAVE. Teknologi ini mengurangi ketergantungan terhadap update signature, karena memungkinkan Bitdefender mengenali program-program yang mempunyai tujuan jahat dengan melihat tingkah lagu dari program tersebut, istilahnya satpam gitu, hehehe. Agar komputer anda tetap aman, Bitdefender akan menjalankan program yang akan dianalisa didalam mesin virtual. Ketika program yang dijalankan diketahui melakukan aksi yang berbahaya tanpa stunt man, maka program tersebut akan segera dihapus atau diamankan, persis seperti Maling atau Pencopet.
ESET NOD52 [www.eset.com]
ESET NOD32 yang lebih dikenal dengan nama NOD32 [singkatan dari Nemocnice na Okraji Disku, artinya? Rumah sakit diujung Disk] ini adalah Antivirus yang telah hadir semenjak tahun 1990di Slovakia. Pangsa pasar yang sedemikian besarnya membuat NOD32 juga terjun kedalam bidang Antivirus untuk handphone atau gadget yang menggunakan sistem operasi Windows mobile dan Symbian. Selain itu, sistem operasi yang didukung oleh NOD32 termasuk lengkap, meliputi Windows, Linux, dan Mac OS X.

6.       F-Secure Antivirus [www.f-secure.com]
Produksi yang pertama kalinya hadir dengan nama Data Fellows ini dubuat pada tahun 1988 oleh Petri Allas dan Risto Siilasmaa. Pada tahun 1999, produk ini berganti nama menjadi F-Secure [Fellows Secure] dan nama ini digunakan hingga sekarang. F-Secure yang bermarkas di Helsinki, Finlandia ini memiliki cabang di Amerika dan Malaysia yang melakukan tugas analisa dan pengembangan produk.untuk bersaing dengan produk Antivirus lainnya, F-Secure mengembangkan teknologi yang dinamakan sebagai DeepGuard dan juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan keamanan untuk melengkapi teknologi yang digunakan seperti Bitdefender.

F-Secure dikenal sebagai Software yang membutuhkan Hardware yang cukup tinggi untuk bisa bekerja secara Optimal. Pada bulan juli 2009, F-Secure membeli perusahaan dari Perancis yang bernama Steek SA yang menyediakan media penyimpanan online dan data management.

Kaspersky Antivirus [www.kaspersky.com]
Antivirus yang dikenal dengan nama KAV [Kaspersky Anti Virus]  ini, merupakan program Antivirus yang dibuat oleh Kaspersky Lab yang bermarkas di Russia. Kaspersky menawarkan produk yang mampu menghadapi berbagai ancaman, seperti Virus, Trojan, Worm, Spyware, Adware, Keylogger, bahkan Rootkit.
Kaspersky juga menyediakan Anti-Virus Rescue Disk yang bisa dugunakan untuk melakukan Booting dengan sistem operasi Linux dan melakukan Scanning terhadap sistem operasi Windows. Untuk mencegah malware menonaktifkan dirinya tanpa diketahui oleh user, Kaspersky  akan menampilkan form verifikasi berpassword setiap kali dinonaktifkan, baik oleh user, maupun oleh yang sejenisnya, hehehe.

8.       F-Port Antivirus [www.f-port.com]
Produk yang dibuat oleh FRISK Software International [FSI] ini, merupakan produk yang dibuat oleh Friorik Skulason yang bermarkas di Islandia pada tahun 1993. F-Port menawarkan produk untuk lingkungan yang cukup luas, seperti Windows, DOS, Linux, dan BSD. Menariknya lagi, F-Port menyediakan versi gratis untuk pengguna Rumahan yang memungkinkan pengguna mendapatkannya tanpa harus membayar, bahkan, pengguna rumahan bisa mendapatkan fasilitas update program/signature.

9.       Panda Antivirus [www.pandasecurity.com]
Antivirus yang mempunyai basecamp di Spanyol ini didirikan pada tahun 1990oleh Mikel urizarberrena. Teknologi yang dikembangkan oleh Panda dikenal dengan nama TruPrevent yang digunakan untuk memblokir virus dan serangan yang tidak dikenal. Panda security juga dikenal sebagai Antivirus yang cukup disegani dengan jumlah pemakai di urutan ke-4 untuk jumlah User yang menggunakan Antivirus nya di seluruh dunia.

Perusahaan ini juga terkenal dengan berbagai inovasi yang dilakukannya seperti konsep SaaS [Securiti as a Service]. Pada tahun 2009, Panda Security bekerja sama dengan Web of Trust untuk memperkuat produknya.

Panda juga menyediakan AntiVirus gratis, yang dinamakan sebagai Panda Cloud Antivirus. Teknologi Cloud membutuhkan koneksi internet, karena proses scanning file, tidak lagi dilakukan di komputer User, namun, diserahkan kepada komputer Remote yang ada di Internet. Beberapa majalah memberikan rating yang bagus untuk AntiVirus gratis dari Panda ini.

Avast! Virus Scanner [www.avast.com]
Antivirus yang dibuat oleh ALWIL Software ini muncul pertamakalinya pada tahun 1988 dan bermarkas di Cekoslowakia. Salah satu produknya yang sangat terkenal adalah Avast Home Edition yang merupakan software Antivirus gratis yang bisa digunakan untuk sistem operasi Windows dan Linux. Sementara itu, versi berbayarnya menawarkan fitur tambahan, seperti User Interactive yang lebih nyaman, Scheduling, Update dengan teknologi push, Scrip blocker, dan masih banyak lagi. Antivirus ini tercatat sebgai program yang banyak digunakan, dimana penggunanya diperkirakan mencapai 100 juta orang pada akhir 2009.

Seperti halnya dengan program Antivirus lainnya, Avast! juga menggabungkan program anti-spyware dan Anti-rootkit kedalam produknya. Avast! juga memiliki kemampuan self protection, yaitu kemampuan mempertahankan diri agar tidak bisa dimatikan oleh virus. Avast! juga bisa dikonfigurasikan agar melakukan scanning pada saat booting, sehingga virus bisa dibinasakan pada saat Windows sedang Startup.

Silahkan Sebarkan Atau Copy Paste Artikel Ini Pada Website/Blog Anda,, Tapi Ingat Harus Menyertakan Atau Mencantumkan Alamat Blog Ini Pada Postingan Anda
© All Right Reserved

4 Respon:

OEN-OEN mengatakan...

avira kagak masuk boz, padahal aku pake avira.

pingin cobain ah scan bit defender, thanx boz infonya

saryadinilan mengatakan...

aku juga pake salah satu yang di sebutkan di atas,love,peace and gaul.

Said Arsyad mengatakan...

saya gak pake antivirus sob, cuma pake deep freeze aja kok..

alamendah mengatakan...

Saya pernah pakai AVG, Avast, dan Norton. Kini nyobain ESET SS

Posting Komentar

Online: