Wicak ©_2013: Lingkungan Hidup Sehat Dan Tak Sehat
Home » , » Lingkungan Hidup Sehat Dan Tak Sehat

Lingkungan Hidup Sehat Dan Tak Sehat


Lingkungan Sehat - Terkait dengan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2011 yang diperingati secara global hari ini, 5 Juni 2011 dan menjawab tantangan dari Alamendah, sobat blogger semua, kaskuser, dan semua teman temanku mari luangkan waktu sejenak sesekali kita mengeksploritasikan sesuatu mengenai tentang lingkungan sekitar kita yang sekiranya sudah tak layak sebagai lingkungan yang sehat.


Ironis Tapi Realistis, kehidupan manusia memang tak pernah bisa dipisahkan dengan lingkungan. Baik itu lingkungan sosial, maupun lingkungan alam.Setiap hari kita bernafas memerlukan udara di lingkungan sekitar, makan dan minum juga memerlukan lingkungan.

Lingkungan

Pengertian Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.


Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Jika kalian berada di sekolah, lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah, bapak ibu guru serta karyawan, dan semua orang yang ada di sekolah, juga berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Adapun lingkungan abiotik berupa udara, meja kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan berbagai macam benda mati yang ada di sekitar.

Lingkungan Hidup

Secara khusus, kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi.
Adapun berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga
, yaitu:
  • Unsur Hayati (Biotik)
Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik.
Jika kalian berada di kebun sekolah, maka lingkungan hayatinya didominasi oleh tumbuhan. Tetapi jika berada di dalam kelas, maka lingkungan hayati yang dominan adalah teman-teman atau sesama manusia.
  • Unsur Sosial Budaya
Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial.
Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.
  • Unsur Fisik (Abiotik)
Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan lain-lain.
Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi. Bayangkan, apa yang terjadi jika air tak ada lagi di muka bumi atau udara yang dipenuhi asap? Tentu saja kehidupan di muka bumi tidak akan berlangsung secara wajar. Akan terjadi bencana kekeringan, banyak hewan dan tumbuhan mati, perubahan musim yang tidak teratur, munculnya berbagai penyakit, dan lain-lain.

Faktor-Faktor yang dapat Merusak Lingkungan Hidup :
1.Faktor Alam (Peristiwa Alam : Banjir, Gempa Bumi dan lain lain)
2.Faktor Manusia (Pengrusak : Tebang Hutan, Perburuan Liar dan lain lain)


Lingkungan Sehat

Kalau kita berbicara tentang Lingkungan Sehat maka tak lain arti dari Lingkungan sehat adalah lingkungan yang sehat.

Lingkungan sehat bukan hanya sekedar sehat pada lingkungan udaranya saja, melainkan lingkungan yang tak kalah pentingnya juga adalah lingkungan tanah, lingkungan sosial, bahkan lingkungan manusianya pun juga mempengaruhi sangat.

Pernahkah pergi keluar kota yang jauh dari keramaian ?? Pasti udaranya sejuk kan ??
Disebabkan karena tidak banyak pengguna kendaraan otomatis udara tidak terlalu tercemar dan membuatnya sejuk. Jika kita amati para petani yang sedang memupuk tanah, apabila pupuk yang diberikan kelebihan dosis juga menyebabkan rusaknya lingkungan tanah.

Mungkin, di halaman rumahmu banyak tanaman. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman tersebut akan banyak.
Udara di sekitarnya akan terasa nyaman dan segar.Adakah sungai atau parit di sekitar rumahmu?
Apakah sungai dan parit tersebut penuh sampah?

Air sungai yang sehat adalah air sungai yang bersih dan jernih. Tidak ada sampah yang berserakan. Biasanya, masih ada ikan yang hidup di sungai itu. Parit di rumahmu harus selalu dibersihkan.
Jangan ada sampah yang menyumbat aliran airnya. Parit yang sehat harus jernih dan bersih.

Lingkungan Tak Sehat

Sekarang banyak lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Apakah penyebab hal tersebut?
Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor berarti lingkungan tersebut sudah tercemar. Pencemaran lingkungan terbagi atas pencemaran air, udara, dan tanah.



Pesan Penulis :
Jadi mari kita membiasakan hidup sehat dengan sadar akan bahaya masa mendatang contohnya bila kita membuang sampah sembarangan, masa yang akan datang sungai sungai menjadi mampat dan banjirpun tiba..
Bila kita melakukan perburuan liar terhadap hewan masa mendatang hewan hewan akan menjadi langka dan punah...

Ketahuilah bahaya mendatang dari sekarang. "Hidup Sehat Bikin Hari - Harimu Jadi Berwarna Dan Bermakna" .


Sehat Itu Indah…Sehat Itu Mahal…Sehat Itu Investasi...

Nb : Saya bukan penulis atau pun peneliti. Berbagai sumber yang mensupport artikel ini :
  1. http://alamendah.wordpress.com/
  2. http://www.crayonpedia.org
  3. http://afand.abatasa.com


Silahkan Sebarkan Atau Copy Paste Artikel Ini Pada Website/Blog Anda,, Tapi Ingat Harus Menyertakan Atau Mencantumkan Alamat Blog Ini Pada Postingan Anda

© All Right Reserved

11 Respon:

GStarCreation mengatakan...

:thumbup
bener.. Budayakan hidup bersih
Hidup yang bersih akan menguntungkan diri sendiri dan orang lain..
Intinya nggak rugi dah menjaga linkungan

aryadevi mengatakan...

salam kawan...dari niat hati untuk meng-kampanyekan lingkungan hidup itu juga sudah mempunyai nilai lebih....walau lewat tulisan.....lebih plus juga kalau dibarengi kegiatannya dilapangan/perilaku hijau kita....bersama alam jalan beriringan..menciptakan harmoni indah tentang kesejukan hijau pohon...

salam hijau damaiiiiiiiiiiiiii^_^

WICAK REZPECTOR mengatakan...

Iya bener sob,, siapa sih yang nggak setuju membudayakan hidup bersih ???

bopfive5 mengatakan...

o ini hari lingkungan to mknya tadi kok bnyk yg bersih2,gak ngrokok sembarangan ah.

WICAK REZPECTOR mengatakan...

@Aryadevi,, oke sob thx...
@bobfive5,, iya sob aku aja baru tau kemaren...

alamendah mengatakan...

Terima kasih telah menjawab "Tantangan untuk Para Blogger".

Demikian juga dengan bahaya rusaknya bumi ini di masa mendatang tergantung apa yang kita perbuat saat ini. kira2 demikian, ya?

Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011; Selamatkan Hutan Sang Penyangga Kehidupan.
Yang belum menjawab tantangan dari Alamendah langsung ceck TKP di: alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/

SYNT MELODIC mengatakan...

bagus banget.. go green ! salut buat yg buat nih..
slamat hari lingkungan sdunia..

http://www.myblindhero.blogspot.com

WICAK REZPECTOR mengatakan...

@Alamendah,, Sama sama Dan
Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011 juga...

@SYNT MELODIC,, oke sama sama...

OEN-OEN mengatakan...

sungainya kayaknya bagus buat arung jeram tuh boz,

hahaha g nyambung ma bahasannya, xixixixixi...

riez mengatakan...

Kebersihan itu bagian dari IMan...jadi jagalah lingkunganmu

WICAK REZPECTOR mengatakan...

@OEN-OEN,, haha emang nggak ada kabelnya ya kog ga nyambung ?
Hahaha
@riez,, hehe iya oke...

Poskan Komentar

Online: